Minggu, 03 Juni 2012

Budaya Wayang "World Masterpiece"

Emper


Bahwa atas karunia/rahmat Tuhan Yang maha Esa, Seni Wayang merupakan warisan budaya para leluhur yang tercipta dari ungkapan cipta, rasa, karsa dan karya yang menghasilkan suatu karya seni yang sangat indah, dan dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat sebagai tuntunan sekaligus sebagai hiburan tontonan yang menarik.
Bahwa Wayang Indonesia merupakan salah satu ungkapan tentang peradaban manusia dan merupakan seni sapta muka yang memadukan tujuh aspek kesenian sekaligus, yakni mencakup seni ceritera/bertutur/dongeng, seni tatah dan sungging/lukis, seni sastra, seni drama/pagelaran/panggung, seni swara/tembang, seni karawitan/gamelan, dan seni tari. Seni wayang merupakan bagian dari budaya Indonesia pada hakekatnya sarat dengan makna-makna simbolis, filosofis, religius dan paedagogis sehingga sangat berpotensi sebagai sarana membentuk watak & jiwa bangsa berdasarkan Pancasila, karena pagelaran wayang mengajarkan kepribadian dan budaya bangsa, membentuk akhlak mulia, memperkuat kepribadian, ketahanan jiwa dalam kehidupan bermasyarakat sepanjang zaman. Oleh karena itu Budaya Wayang Indonesia perlu terus ditumbuhkan dan dikembangkan sehingga mendapatkan kecintaan dari semua lapisan masyarakat hingga mampu lestari dan berkembang di masa mendatang.
Dalam upaya memelihara kelestariannya, menumbuhkan dan mengembangkan seni Wayang perlu digalang kebersamaan secara di dalam satu wadah Paguyuban Pecinta Wayang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar